Saturday, April 6, 2013

Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Penyakit Maag

type='html'>
Apa anda pernah atau malah sering merasa perih dibagian lambung apalagi ketika tidak makan apapun. Mungkin saja anda sedang mengalami penyakit maag, jangan kelamaan untuk mengobatinya karena bisa jadi suatu saat saat sakit maag anda akan berubah menjadi maag kronis yang sakitnya luar biasa.
Gejala sakit maag bukan saja lambung anda terasa perih saja, tetapi ada beberapa gejala lain, seperti mual, muntah, sering merasa lapar, perut kembut, sering bersendawa, dan sakit saat buang air besar.
Penyebab sakit maag sendiri bisa diakibatkan oleh berbagai macam, yang paling umum adalah karena pola makan tidak teratur. Penyabab lain, bisa terjadi karena mengkonsumsi obat-obatan, minum alkohol, stres, depresi, bahkan bisa diakibatkan karena pola tidur yang tidak teratur.
Untuk jenis penyakit maag, juga terdapat berbagai macam. Seperti yang admin kutip dari wikipedia, penyakit maag ada yang :
 
Maag Ringan
Maag jenis ini biasanya tidak menimbulkan sakit apa-apa tapi kadar asam lambung sudah berlebihan pada bagian dinding lambung.
Maag Sedang
Maag jenis ini sudah terasa sakitnya yang ditandai dengan rasa perih pada bagian lambung, biasanya juga disertai dengan rasa mual dan muntah.
Maag Kronis
Maag tipe ini sudah benar-benar menyakitkan, dan harus dilakukan segera penenganan agar si penderita tak kesakitan terlalu lama.
Nah, Jika anda  atau salah satu keluarga anda penderita sakit maag, simak tips berikut ini:

Mengobati Penyakit Maag

Untuk pengobatannya, yang paling umum adalah menggunakan Antasida untuk menetralisi asam lambung serta menghilangkan rasa nyeri pada lambung. Selain itu, ada juga jenis obat-obatan lain, seperti Pompa Proton untuk menghentikaan produksi asam lambung, Ranitidin untuk mengobati tukak lambung, dan berbagai jenis obat-obatan lainnya.

Mengatasi dan Mencegah Penyakit Maag

Ada beberapa tips agar dapat mengatasi dan mencegah penyakit maag, antara lain:
1. Makan teratur, ini adalah cara paling ampuh karena penyakit maag biasanya dikibatkan karena pola makan yang tak teratur maka anda harus mengatur pola makan yang pertama kali untuk mengatasi penyakit maag.
2. Hindari Minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kopi, minuman bersoda, alkohol ataupun makanan yang mengandung cuka berlebih.
3. Makan makanan yang mudah dicerna, ini berguna untuk meringankan kerja lambung apalagi jika sedang terkena maag. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat, sepert jelly, rumput laut dan sayur-sayuran. Serta jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan yang bersifat lunak, seperti pepaya.
4. Tidur teratur, tak hanya pola makan yang harus anda atur tapi juga pola tidur anda juga harus anda atur karena pola tidur juga salah satu penyebab sakit lambung. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari.
5. Hindari stres, stres juga bisa menyebabkan penyakit maag, jadi anda harus bisa menghindari stres tersebut.

View the original article here

No comments:

Post a Comment