Tuesday, October 30, 2012

Firefox Android

Rencana style terbaru dari Firefox versi Android sebenarnya sudah ada sejak Oktober. Namun, Mozila menyatakan tampilan baru browser Firefox untuk Android akan segera hadir, mungkin malam ini.

Tampilan Firefox yang baru memang lebih baik dibandingkan tampilan saat ini, sebab Mozila XUL atau bahasa pemrograman antar muka XML lebih diperbaiki dan proses browser tentunya lebih cepat. Firefox versi Android sudah mulai dibocorkan pada Selasa malam melalui saluran Nightly.

Menurut Mozila Engineering Project Manager, Christian Legnito di posting Google group, menyatakan pengguna ponsel yang menyaksikan saluran Nigthly akan diberitahu mengenai update ini pada Rabu pagi.

"Semua yang Anda lihat adalah widget yang sesungguhnya," cetus Legnito, seperti dikutip PC Advisor, Rabu (23/11/2011).

Sedangkan, Mark Finkle selaku pengembang Firefox Mobile mengatakan, sebuah tampilan antarmuka pengguna yang sesungguhnya diharapkan menggunakan memori yang lebih sedikit dan menawarkan respon yang lebih baik dibanding versi sebelumnya.

"Sekarang pengguna bisa melihat tampilan sesungguhnya dari widget Android. Bahkan konten web yang ditampilkan sangat mirip dengan sistem layer multi-proses yang sebelumnya sudah kami gunakan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mensingkronisasi dan memperbesar konten web, tanpa harus memindahkan atau memperbesar konten browser," jelas Finkle.


Finkle menambahkan, JavaScript tetap digunakan pada browser, yang bertujuan untuk mendukung penggunaan aplikasi berbasis XUL. Bagi pengguna Android yang menyukai Firefox sebagai browsernya, munkin sudah bisa mendapatkan update dari tampilan baru ini mulai malam nanti.

No comments:

Post a Comment