Sunday, December 4, 2011

cara olahraga yang benar

Olahraga bila di lakukan dengan benar akan mebuat tubuh kita semakin fit dan sehat,tetapi bila di lakukan dengan sembarangan akan mengakibatkan cedera, nah tentu Anda ingin tahu cara olahraga yang benar bukan ?
Perhatikan hal hal berikut :

·    Sebelum berolahraga, yakinkan bahwa anda dalam keadaanSehat, cukup tidurpada malam harinya serta sudah makan atau sarapan bila melakukannya di pagi hari.
·     Waktu makan yang baik adalah 1,5 - 2 jam sebelum berolahraga misalnya apabila akan berolahraga pada jam 5 sore maka sempatkan waktu pada jam 14.30 atau jam 15.00 untuk menyantap makanan kecil seperti kue, roti, atau buah-buahan.
·      Bagi seseorang dengan Diabetes Mellitus, periksa gula darah anda sebelum dan sesudah berolahraga serta bawalah selalu tablet glukosa/permen atau makanan cemilan (snack), serta makanlah jika anda mulai mengalami gejala-gejala akibat kadar gula darah terlalu rendah.
·      Lakukan olahraga dengan metode yang aman yakni : Pemanasan, Peregangan, Latihan Inti, Pelemasan dan Peregangan.
·      Jika pada menit-menit pertama menjalankan latihan, NAPAS Anda terasa SESAK berarti pemanasan yang dilakukan kurang cukup, lakukan pemanasan sekitar 5-10 menit misalnya dengan jalan atau lari di tempat atau senam ringan dan lanjutkan dengan peregangan.
·      Jika sedang berolahraga JANTUNG ANDA terasa kurang enak misalnya DENYUT NADI mendadak NAIK atau mendadak TURUN (tidak seperti biasanya) berarti latihan yang anda lakukan MELAMPAUI TAKARAN, baik dari Tempo atau Intensitas Nadi Latihan, sebaiknya kurangi Takaran Latihan pada latihan-latihan berikutnya.
·     Jika terjadi RASA NYERI di DADA, berarti latihan yang anda lakukan terlalu keras atau melampaui takaran, sebaiknya kurangi Takaran Latihan pada latihan berikutnya dan periksakan ke Dokter.
·     Jika anda merasa PUSING atau KEPALA menjadi RINGAN   dan mungkin keluar KERINGAT DINGIN ini berarti OTAK kurang mendapat cukup darah, hal ini disebabkan olahraga anda terlalu keras, untuk itu kurangi intensitas latihan.
·     Jika terjadi RASA MUAL atau bahkan MUNTAH, kurangi intensitas latihan dan lakukanlah segera Cool Down (gerakan pendinginan), ini berarti latihan anda terlampau keras.

No comments:

Post a Comment